Jumat, Februari 26

Tugas 2 psi pddk

Besarnya distribusi computer di era Globalisasi ini; tugas 2

Dimana dan kapan saja kita dapat melihat banyak yang dapat mengakses komputer. Siapa pun di jaman sekarang ini sudah dapat mengakses fitur-fitur komputer. Dari anak-anak sampai kakek-nenek pun dapat mengakses internet. komputer tidak menjadi sesuatu yang jarang di masyarakat. Karena kemudahan menggunakan komputer . komputer berkembang sampai mencapai tahap yang cukup maksimal. Para pakar menyebutnya dengan Ubiquituos computing.

Apa itu Ubiquituos computing?
Ubiquitous computing (ubicomp) adalah pasca-desktop model interaksi manusia-komputer dalam pengolahan informasi yang telah sepenuhnya terintegrasi ke dalam objek dan aktivitas sehari-hari. Dalam rangka kegiatan biasa, seseorang "menggunakan" komputasi di mana-mana melibatkan banyak perangkat komputerisasi dan sistem secara bersamaan, dan mungkin tidak selalu bahkan menyadari bahwa mereka melakukannya.

Apa itu e-learning?
E-learning (atau pembelajaran elektronik atau eLearning) adalah istilah yang mencakup segala bentuk Technology-Enhanced Learning (TEL) atau sangat spesifik TEL jenis seperti online atau web-based learning. Namun demikian, istilah tidak memiliki definisi yang diterima secara universal dan ada membagi dalam industri e-learning tentang apakah sebuah teknologi yang disempurnakan dengan sistem ini dapat disebut e-learning jika tidak ada diatur pedagogi seperti beberapa pihak berpendapat e-learning : "pedagogi diberdayakan oleh teknologi digital".

Istilah e-learning ambigu kepada orang-orang di luar industri e-learning, dan bahkan di dalam disiplin ilmu yang beraneka ragam memiliki arti yang berbeda bagi orang yang berbeda. Misalnya, dalam perusahaan-perusahaan itu sering merujuk pada strategi yang menggunakan jaringan perusahaan untuk memberikan pelatihan kepada karyawan dan akhir-akhir ini di sebagian besar Perguruan Tinggi, e-learning digunakan untuk menentukan modus tertentu untuk mengikuti perkuliahan atau program studi dimana siswa jarang atau tidak pernah bertemu tatap muka, atau akses di kampus pendidikan fasilitas, karena mereka belajar secara online.

Baltes dan wulf menambahkan bahwa pembelajaran e-learning memiliki beberapa kelebihan :
1. Meningkatkan interakasi pembelajaran
Pemebelajaran melalui internet dapat meningkatkan kadar interaksi pembeljaran antara peserta didik dengan bahan belajar, peserta didik dengan guru, dan antara sesame peserta didik. Disamping itu para peserta didik dan guru dapat lebih leluasa atau bebas untuk mengungkapkan pendapat dan mengajukam pertanyaan
2. Mempermudah interaksi pembelajaran darimana dan kapan saja
Mengingat sumber belajar yang sudah dikemas secara elektronik dan tersedia untuk diakses oleh peserta didik melalui internet , maka peserta didik dapat melakukan interaksi dengan sumber belajar ini. Kapan saja dan dimanapun dia berada.
3. Memiliki jangkauan yang lebih luas
Ruang dan tempat serta waktu tidak lagi menjadi hambatan. Informasi dengan mudah dapat diakses lebih luas dan lengkap, tidak terbatas oleh waktu karena dapat dilakukan kapan saja.
4. Mempermudah penyempurnaan dan penyimpanan materi pembelajaran.
Fasilitas yang dalam teknologi internet dan berbagai software yang terus berkembang turut membantu mempermudah pengembangan barang belajar elektronik.
Hubungan ubiquitous computing dengan e-learning
Di zaman sekarang, hampir setiap masyarakat membutuhkan teknologi untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Ubiquitous ini merupakan salah satu generasi computer yang ketiga. Dalam proses penggunaannya, e-learning merupakan salah satu teknologi dalam bidang pendidikan. Para peserta didik dan pengajar dapat saling berkomunikasi dalam melakukan proses belajar mengajar. Materi yang disampaikan dapat diterima tanpa adanya batasan ruang dan waktu. Dengan adanya e-learning dalam proses pendidikan, semua materi dapat diakses dengan cepat dan pelaksanaanya sangat efektif dan efisien.

Daftar pustaka:
Santrock,J.W.2008.Psikologi pendidikan edisi kedua.Jakarta:Kencana
Munir.2008.Kurikulum berbasis Teknologi informasi dan Telekomunikasi.Bandung:Alfabeta,CV.
Wikipedia.com

Westley
091301084

Tidak ada komentar: